Pengaruh Desain Interior Terhadap Konsentrasi Belajar Di Ruang Layanan Koleksi Monograf Terbuka Perpustakaan Nasional Ri
Nadiyah Hanifah - Personal Name
Lili Sudria Wenny - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan
desain interior di Ruang Layanan Monograf Terbuka dan seberapa
besar pengaruhnya terhadap konsentrasi belajar pemustaka. Jenis
penelitian yang digunakan adalah eksplanatif dengan pendekatan
kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kajian
kepustakaan dan kuesioner yang disebarkan kepada 96 pengunjung
yang ditemui secara langsung di Ruang Layanan Monograf
Terbuka. Teknik analisis menggunakan regresi linier sederhana
dengan Software IBM SPSS V. 25. Hasilnya menunjukkan bahwa
penerapan desain interior di Ruang Layanan Monograf sudah baik
didasarkan dari skor rata-rata sebesar 3.31. Kemudian dari
penelitian ini ditemukan bahwa desain interior memiliki pengaruh
terhadap konsentrasi belajar pemustaka sebesar 49,4%, sedangkan
sisanya yaitu sebesar 50,6% konsentrasi belajar pemustaka
dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulannya adalah terdapat
pengaruh yang positif dalam kategori sedang antara desain interior
terhadap konsentrasi belajar pemustaka di Ruang Layanan Koleksi
Monograf Terbuka. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai
bahan evaluasi bagi Perpustakaan Nasional dalam menerapkan
desain interior Ruang Layanan Koleksi Monograf Terbuka
desain interior di Ruang Layanan Monograf Terbuka dan seberapa
besar pengaruhnya terhadap konsentrasi belajar pemustaka. Jenis
penelitian yang digunakan adalah eksplanatif dengan pendekatan
kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kajian
kepustakaan dan kuesioner yang disebarkan kepada 96 pengunjung
yang ditemui secara langsung di Ruang Layanan Monograf
Terbuka. Teknik analisis menggunakan regresi linier sederhana
dengan Software IBM SPSS V. 25. Hasilnya menunjukkan bahwa
penerapan desain interior di Ruang Layanan Monograf sudah baik
didasarkan dari skor rata-rata sebesar 3.31. Kemudian dari
penelitian ini ditemukan bahwa desain interior memiliki pengaruh
terhadap konsentrasi belajar pemustaka sebesar 49,4%, sedangkan
sisanya yaitu sebesar 50,6% konsentrasi belajar pemustaka
dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulannya adalah terdapat
pengaruh yang positif dalam kategori sedang antara desain interior
terhadap konsentrasi belajar pemustaka di Ruang Layanan Koleksi
Monograf Terbuka. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai
bahan evaluasi bagi Perpustakaan Nasional dalam menerapkan
desain interior Ruang Layanan Koleksi Monograf Terbuka
Ketersediaan
SPI21010 | SKR SPI | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR SPI21010
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2021
Deskripsi Fisik
x, 121 hlm, 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR SPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas