Kebutuhan dan perilaku pencarian informasi pemilik usaha fashion online
Fika Khairunnisa - Personal Name
Fahma Rianti - Personal Name
Fika Khairunnisa (11170251000078). Analisis Kebutuhan dan Perilaku Pencarian Informasi Pemilik Uosaha Online. Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan dan perilaku pencarian informasi para pemilik usaha fashion online. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data yang dianalisis merupakan hasil wawancara dengan informan serta telaah literature dan dokumentasi, pertanyaan diajukan kepada tiga orang pemilik usaha fashion online generasi muda yang aktif berjualan online di Marketplace Shopee, Tokopedia maupun Instagram. Penelitian ini juga menggunakan teori difusi inovasi untuk memanfaatkan marketplace sebagai media baru dalam mendapatkan penghasilan melalui penjualan online, sehingga memberi peluang dalam merintis dan mengembangkan usaha sesuai dengan kondisi dan situasi saat ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemilik usaha fashion online membutuhkan informasi terkait produksi, sistem marketplace dan pengembangan usaha. Perilaku pencarian informasi pemilik usaha fashion online terdiri dari 3 tahapan yaitu tahap sebelum mencari informasi dengan memikirkan keyword, saat mencari informasi melalui media digital yaitu website, youtube, maupun sosial media, maupun dan bertanya kepada orang yang dianggap lebih ahli dan berpengalaman dan sesudah melakukan pencarian informasi dengan menggunakan informasi yang telah didapatkan. Kendala yang dihadapi dalam proses pencarian informasi yaitu sulitnya menentukan keyword, kurangnya waktu dalam melakukan proses pencarian, dan ketersediaan informasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan dan perilaku pencarian informasi para pemilik usaha fashion online. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data yang dianalisis merupakan hasil wawancara dengan informan serta telaah literature dan dokumentasi, pertanyaan diajukan kepada tiga orang pemilik usaha fashion online generasi muda yang aktif berjualan online di Marketplace Shopee, Tokopedia maupun Instagram. Penelitian ini juga menggunakan teori difusi inovasi untuk memanfaatkan marketplace sebagai media baru dalam mendapatkan penghasilan melalui penjualan online, sehingga memberi peluang dalam merintis dan mengembangkan usaha sesuai dengan kondisi dan situasi saat ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemilik usaha fashion online membutuhkan informasi terkait produksi, sistem marketplace dan pengembangan usaha. Perilaku pencarian informasi pemilik usaha fashion online terdiri dari 3 tahapan yaitu tahap sebelum mencari informasi dengan memikirkan keyword, saat mencari informasi melalui media digital yaitu website, youtube, maupun sosial media, maupun dan bertanya kepada orang yang dianggap lebih ahli dan berpengalaman dan sesudah melakukan pencarian informasi dengan menggunakan informasi yang telah didapatkan. Kendala yang dihadapi dalam proses pencarian informasi yaitu sulitnya menentukan keyword, kurangnya waktu dalam melakukan proses pencarian, dan ketersediaan informasi.
Ketersediaan
SP213010 | SKR IPI 2021 3010 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 2021
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : fakultas Adab dan Humaniora., 2021
Deskripsi Fisik
xiii, 119 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Fika Khairunnisa, Fahma Rianti
Tidak tersedia versi lain