Kepuasan Pemustaka Terhadap Layanan Referensi Di Pusat Perpustakaan Uin Syarif Hidayatullah Jakarta
Oka Aulia Tasya - Personal Name
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pemustaka
terhadap layanan referensi di Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
berdasarkan harapan minimum, persepsi dan harapan ideal pemustaka dengan
menggunakan metode LibQUAL+TM. Pengukuran dilakukan berdasarkan tiga dimensi
yang dijadikan indikator pengukuran yaitu Affect of Service (kinerja petugas dalam
pelayanan), Information Control (kualitas informasi dan akses informasi) dan Library
as Place (sarana perpustakaan). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif
dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah
kuesioner. Sampel pada penelitian ini yaitu pemustaka yang berkunjung ke Pusat
Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta satu bulan terakhir pada bulan Mei
2018 yaitu berjumlah 17.837 orang yang dibatasi menggunakan rumus Slovin, maka
didapatkan jumlah responden sebanyak 99 orang. Hasil penelitian menyatakan bahwa
kepuasan pemustaka berdasarkan dimensi Affect of Service diperoleh AG (Adequacy
Gap) positif dengan skor 0,96 dan SG (Superiority Gap) negatif dengan skor -2,65.
Pada dimensi Information Control diperoleh AG positif dengan skor 0,32 dan SG
negatif dengan skor -3,12. Sedangkan pada dimensi Library as Place diperoleh AG
positif dengan skor 0,52 dan SG negatif dengan skor -2,67. Kepuasan pemustaka
secara keseluruhan dari tiga dimensi LibQUAL+TM pada layanan referensi di Pusat
Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta diperoleh AG bernilai positif dengan
skor 0,60 yang menunjukkan bahwa pemustaka merasa cukup puas dan SG bernilai
negatif dengan skor -2,81 yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dinilai baik
dan berada dalam zona toleransi/zone of tolerance, namun belum mampu memenuhi
harapan ideal yang diinginkan oleh pemustaka.
terhadap layanan referensi di Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
berdasarkan harapan minimum, persepsi dan harapan ideal pemustaka dengan
menggunakan metode LibQUAL+TM. Pengukuran dilakukan berdasarkan tiga dimensi
yang dijadikan indikator pengukuran yaitu Affect of Service (kinerja petugas dalam
pelayanan), Information Control (kualitas informasi dan akses informasi) dan Library
as Place (sarana perpustakaan). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif
dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah
kuesioner. Sampel pada penelitian ini yaitu pemustaka yang berkunjung ke Pusat
Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta satu bulan terakhir pada bulan Mei
2018 yaitu berjumlah 17.837 orang yang dibatasi menggunakan rumus Slovin, maka
didapatkan jumlah responden sebanyak 99 orang. Hasil penelitian menyatakan bahwa
kepuasan pemustaka berdasarkan dimensi Affect of Service diperoleh AG (Adequacy
Gap) positif dengan skor 0,96 dan SG (Superiority Gap) negatif dengan skor -2,65.
Pada dimensi Information Control diperoleh AG positif dengan skor 0,32 dan SG
negatif dengan skor -3,12. Sedangkan pada dimensi Library as Place diperoleh AG
positif dengan skor 0,52 dan SG negatif dengan skor -2,67. Kepuasan pemustaka
secara keseluruhan dari tiga dimensi LibQUAL+TM pada layanan referensi di Pusat
Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta diperoleh AG bernilai positif dengan
skor 0,60 yang menunjukkan bahwa pemustaka merasa cukup puas dan SG bernilai
negatif dengan skor -2,81 yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dinilai baik
dan berada dalam zona toleransi/zone of tolerance, namun belum mampu memenuhi
harapan ideal yang diinginkan oleh pemustaka.
Ketersediaan
Si18066 | SKR IPI 2018 066 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 2018
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2018
Deskripsi Fisik
ix, 111 hlm.: ilus.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
kepuasan pemustaka
perpustakaan perguruan tinggi
Metode libQUAL+tm
layanan referensi
Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Oka Aulia Tasya, Fahma Rianti
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas