Evaluasi tata ruang dan sarana perpustakaan institut teknologi indonesia berdasarkan standar nasional perpustakaan (SNP) perguruan tinggi tahun 2011 dan persfektif pemustaka
Adzani Ashariski Adillah - Personal Name
Nurul Hayati - Personal Name
Adzani Ashariski Adillah. Evaluasi Tata Ruang dan Sarana PerpustakaanInstitut
Teknologi Indonesia Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan (SNP)
Perguruan Tinggi Tahun 2011 dan Perspektif Pemustaka. Di bawah
bimbingan Nurul Hayati, M.Hum. Program Studi Ilmu Perpustakaan
Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Jakarta.2015.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tata ruang dan sarana
Perpustakaan ITI berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Perguruan
Tinggi Tahun 2011 serta tata ruang dan sarana Perpustakaan ITI berdasarkan
perspektif pemustaka. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi,
angket, wawancara dan kajian dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
deskriptif persentase dan menggunakan skala likert untuk memberikan skor pada
tiap item pernyataan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata ruang dan sarana di Perpustakaan ITI
berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Perguruan Tinggi Tahun
2011, yaitu aspek lokasi dan sarana perpustakaan, seperti perabot kerja, perabot
penyimpanan, dan peralatan multimedia yang sudah sesuai dengan standar
tersebut. Sedangkan untuk tata ruang dan sarana di Perpustakaan ITI berdasarkan
perspektif pemustaka, sebagian besar pemustaka setuju dengan aspek-aspek tata
ruang Perpustakaan ITI yang sudah ada, namun menyatakan perlu diadakannya
penambahan jenis ruang layanan audiovisual dan ruang toilet, lobi, seminar/
terater serta sarana perpustakaan yang dibutuhkan oleh pemustaka. Kesimpulan
yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: berdasarkan Standar
Nasional Perpustaakaan (SNP) Perguruan Tinggi Tahun 2011, yaitu aspek lokasi
yang mudah dijangkau dan berada dalam pusat kegiatan pembelajaran yang sudah
sesuai dengan standar tersebut dan sarana perpustakaan, seperti perabot kerja,
perabot penyimpanan, dan peralatan multimedia. Sedangkan berdasarkan
perspektif pemustaka, sebagian besar pemustaka setuju dengan tata ruang dan
sarana Perpustakaan ITI yang sudah ada, seperti lokasi perpustakaan yang mudah
dijangkau dan berada di pusat kegiatan pembelajaran, penataan ruang yang
membuat pemustaka nyaman dan leluasa untuk bergerak, pengawasan dan
keamanan yang baik, pencahayaan/ penerangan yang baik sehingga mata tidak
cepat lelah, sirkulasi udara yang baik sehingga tidak terasa pengap ketika berada
di ruang Perpustakaan ITI, serta sarana perpustakaan yang juga sudah tertata
dengan baik dan rapi. Namun, pemustaka merasa perlu adanya penambahan jenis
ruang layanan audiovisual, toilet, seminar/ teater, dan lobi, serta sarana
perpustakaan, seperti papan pengumuman dan komputer untuk pencarian koleksi.
Teknologi Indonesia Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan (SNP)
Perguruan Tinggi Tahun 2011 dan Perspektif Pemustaka. Di bawah
bimbingan Nurul Hayati, M.Hum. Program Studi Ilmu Perpustakaan
Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Jakarta.2015.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tata ruang dan sarana
Perpustakaan ITI berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Perguruan
Tinggi Tahun 2011 serta tata ruang dan sarana Perpustakaan ITI berdasarkan
perspektif pemustaka. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi,
angket, wawancara dan kajian dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
deskriptif persentase dan menggunakan skala likert untuk memberikan skor pada
tiap item pernyataan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata ruang dan sarana di Perpustakaan ITI
berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Perguruan Tinggi Tahun
2011, yaitu aspek lokasi dan sarana perpustakaan, seperti perabot kerja, perabot
penyimpanan, dan peralatan multimedia yang sudah sesuai dengan standar
tersebut. Sedangkan untuk tata ruang dan sarana di Perpustakaan ITI berdasarkan
perspektif pemustaka, sebagian besar pemustaka setuju dengan aspek-aspek tata
ruang Perpustakaan ITI yang sudah ada, namun menyatakan perlu diadakannya
penambahan jenis ruang layanan audiovisual dan ruang toilet, lobi, seminar/
terater serta sarana perpustakaan yang dibutuhkan oleh pemustaka. Kesimpulan
yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: berdasarkan Standar
Nasional Perpustaakaan (SNP) Perguruan Tinggi Tahun 2011, yaitu aspek lokasi
yang mudah dijangkau dan berada dalam pusat kegiatan pembelajaran yang sudah
sesuai dengan standar tersebut dan sarana perpustakaan, seperti perabot kerja,
perabot penyimpanan, dan peralatan multimedia. Sedangkan berdasarkan
perspektif pemustaka, sebagian besar pemustaka setuju dengan tata ruang dan
sarana Perpustakaan ITI yang sudah ada, seperti lokasi perpustakaan yang mudah
dijangkau dan berada di pusat kegiatan pembelajaran, penataan ruang yang
membuat pemustaka nyaman dan leluasa untuk bergerak, pengawasan dan
keamanan yang baik, pencahayaan/ penerangan yang baik sehingga mata tidak
cepat lelah, sirkulasi udara yang baik sehingga tidak terasa pengap ketika berada
di ruang Perpustakaan ITI, serta sarana perpustakaan yang juga sudah tertata
dengan baik dan rapi. Namun, pemustaka merasa perlu adanya penambahan jenis
ruang layanan audiovisual, toilet, seminar/ teater, dan lobi, serta sarana
perpustakaan, seperti papan pengumuman dan komputer untuk pencarian koleksi.
Ketersediaan
SP159065 | SKR IPI 2015 9065 | Perpustakaan FAH (Skripsi ilmu perpustakaan) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 2015
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Fakutas Adab dan Humaniora UIN., 2015
Deskripsi Fisik
xi, 111 lembar
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Adzani Ashariski Adillah, Nurul Hayati
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas