PERANAN KEMITRAAN PUSTAKAWAN DAN GURU DALAM PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN OLEH PARA SISWA DI SMAN 9 TANGERANG SELATAN
Diva Agripina Loka - Personal Name
Parhan Hidayat, M.Hum - Personal Name
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bentuk kemitraan antara
pustakawan dan guru serta untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Perpustakaan
SMAN 9 Kota Tangerang Selatan oleh siswa/i dengan adanya kemitraan guru dan
pustakawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan untuk penelitian ini
menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan kajian kepustakaan.
Kemudian data yang diperoleh di olah dengan menggunakan teknik analisis data.
Informan dalam penelitian ini Bapak Lesdi Suryadi S.IP sebagai pustakawan, Bapak
Moch. Hidayat, S. Ag sebagai guru matematika, dan Ibu Wahidah Nurhasanah, M. Pd
sebagai guru bahasa Indonesia. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yakni
kemitraan yang terjalin antara guru dan pustakawan sudah cukup baik dalam
pemanfaatan perpustakaan oleh siswa SMAN 9 Kota Tangerang. Hal tersebut dapat
dikatakan cukup baik karena adanya media penghubung antara guru, siswa dan
pustakawan berupa kartu perpustakaan dan kartu penghubung yang dapat digunakan
untuk memotivasi siswa dalam belajar karena adanya sistem penambahan nilai
melalui kartu tersebut. Dan ada reward yang diberikan oleh guru kepada siswa yang
rajin berkunjung ke perpustakaan sekolah.
pustakawan dan guru serta untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Perpustakaan
SMAN 9 Kota Tangerang Selatan oleh siswa/i dengan adanya kemitraan guru dan
pustakawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan untuk penelitian ini
menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan kajian kepustakaan.
Kemudian data yang diperoleh di olah dengan menggunakan teknik analisis data.
Informan dalam penelitian ini Bapak Lesdi Suryadi S.IP sebagai pustakawan, Bapak
Moch. Hidayat, S. Ag sebagai guru matematika, dan Ibu Wahidah Nurhasanah, M. Pd
sebagai guru bahasa Indonesia. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yakni
kemitraan yang terjalin antara guru dan pustakawan sudah cukup baik dalam
pemanfaatan perpustakaan oleh siswa SMAN 9 Kota Tangerang. Hal tersebut dapat
dikatakan cukup baik karena adanya media penghubung antara guru, siswa dan
pustakawan berupa kartu perpustakaan dan kartu penghubung yang dapat digunakan
untuk memotivasi siswa dalam belajar karena adanya sistem penambahan nilai
melalui kartu tersebut. Dan ada reward yang diberikan oleh guru kepada siswa yang
rajin berkunjung ke perpustakaan sekolah.
Ketersediaan
SIP18031 | SKR IPI 2018 031 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 2018 031
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : fakultas Adab dan Humaniora., 2018
Deskripsi Fisik
136 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Diva Agripina Loka
Tidak tersedia versi lain