Analisis Penyelenggaraan Layanan Anak Di Kantor Perpustakaan Dan Arsip Kota Jakarta Selatan
Luthfia zahra - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyelenggaraan layanan anak di
Kantor Perpustakaan Arsip Kota Jakarta Selatan. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan
data yang dilakukan yaitu wawancara dengan 4 (empat) informan dan observasi.
Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan yaitu mereduksi data, menyajikan
data dan menarik kesimpulan. Hasil yang diperoleh yaitu dalam penyelenggaraan
layanan anak di KPAK Jakarta Selatan terdapat 5 (lima) jenis layanan anak yang
telah terselenggara yaitu layanan peminjaman koleksi, layanan
mendongeng/storytelling, layanan pertunjukan boneka, layanan audio visual dan
layanan permainan anak. Sesungguhnya berdasarkan Panduan Penyelenggaraan
Perpustakaan Daerah termasuk KPAK Jakarta Selatan yang belum terselenggara
karna itu sepatutnya dimasa yang akan datang dua layanan yang belum rerlaksana
yaitu layanan bimbingan membaca dan layanan rujukan dapat terlaksana juga.
Adapun selain 5 (lima) jenis layanan anak tersebut KPAK Jakarta Selatan juga
mempunyai program edukatif yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya yaitu
HANJABA (Hari Anak Jakarta Membaca) yaitu program rutin tahunan yang di
dalamnya terdapat berbagai perlombaan untuk anak-anak dari usia sekolah TK,
SD, SMP, SMA sampai dengan perguruan tinggi. Dengan terselenggaranya
kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan anak-anak akan antusias dan senang
berkunjung ke perpustakaan. Namum dengan semua layanan anak tersebut KPAK
Jakarta Selatan belum memiliki pustakawan khusus di layanan anak oleh karena
itu KPAK Jakarta Selatan sebaiknya menyediakan pustakawan khusus untuk
dibagian layanan anak
Kantor Perpustakaan Arsip Kota Jakarta Selatan. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan
data yang dilakukan yaitu wawancara dengan 4 (empat) informan dan observasi.
Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan yaitu mereduksi data, menyajikan
data dan menarik kesimpulan. Hasil yang diperoleh yaitu dalam penyelenggaraan
layanan anak di KPAK Jakarta Selatan terdapat 5 (lima) jenis layanan anak yang
telah terselenggara yaitu layanan peminjaman koleksi, layanan
mendongeng/storytelling, layanan pertunjukan boneka, layanan audio visual dan
layanan permainan anak. Sesungguhnya berdasarkan Panduan Penyelenggaraan
Perpustakaan Daerah termasuk KPAK Jakarta Selatan yang belum terselenggara
karna itu sepatutnya dimasa yang akan datang dua layanan yang belum rerlaksana
yaitu layanan bimbingan membaca dan layanan rujukan dapat terlaksana juga.
Adapun selain 5 (lima) jenis layanan anak tersebut KPAK Jakarta Selatan juga
mempunyai program edukatif yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya yaitu
HANJABA (Hari Anak Jakarta Membaca) yaitu program rutin tahunan yang di
dalamnya terdapat berbagai perlombaan untuk anak-anak dari usia sekolah TK,
SD, SMP, SMA sampai dengan perguruan tinggi. Dengan terselenggaranya
kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan anak-anak akan antusias dan senang
berkunjung ke perpustakaan. Namum dengan semua layanan anak tersebut KPAK
Jakarta Selatan belum memiliki pustakawan khusus di layanan anak oleh karena
itu KPAK Jakarta Selatan sebaiknya menyediakan pustakawan khusus untuk
dibagian layanan anak
Ketersediaan
SP1618 | SKR IPI 2016 18 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2016
Deskripsi Fisik
xii, 88 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Perpustakaan Umum,
Layanan anak,
Panduan Penyelenggaraan Perpusakaan Daerah
KPAK Jakarta Selatan,
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Nurul hayati
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas