Persepsi Pemustaka Terhadap Kualitas Layanan Sirkulasi Di Perpustakaan Universitas Satya Negara Indonesia
Alyasa gustiyono - Personal Name
Penelitian ini dilaksanakan di Perpustakaan USNI dengan topik persepsi
pemustaka terhadap kualitas layanan sirkulasi di Perpustakaan USNI. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan sirkulasi Perpustakaan USNI,
dilakukan dengan cara menggunakan dimensi dan indikator kualitas layanan yaitu,
kemampuan dan sikap petugas dalam melayani (Service Affect), petunjuk dan
sarana akses (Personal Control), dan akses informasi (Information Access).
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif.
Pengumpulan data penelitian ini adalah penelitian pustaka, penelitian lapangan
dengan cara observasi (pengamatan) dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini
diambil dari data pengunjung Perpustakaan USNI dari bulan April sampai dengan
Mei sebanyak 1429 orang. Sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Taro
Yamane, menggunakan cara accidental sampling. Hasil dari data yang diperoleh
selanjutnya diolah dengan cara memeriksa dan menerjemahkan hasil data, proses
selanjutnya data dihitung menggunakan persentase data dan hasilnya disajikan
dalam tabel. Pengukuran hasil persepsi peneliti menggunakan skala likert yang
bertujuan untuk mengukur sikap, pendapat dan persepsi pengguna. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa persepsi pengguna memuaskan dengan hasil skor
rata-rata 3,76 (memuaskan). Dengan rincian persepsi pemustaka terhadap sikap
dan kemampuan petugas dalam melayani 3,91 (memuaskan), persepsi pemustaka
terhadap Petunjuk dan sarana akses di layanan sirkulasi 3,74 (memuaskan) dan
persepsi pemustaka terhadap akses informasi di layanan sirkulasi 3,65 (
memuaskan). Secara keseluruhan persepsi pemustaka terhadap kualitas layanan
sirkulasi di USNI adalah memuaskan karena Perpustakaan USNI sudah memenuhi
variabel kualitas layanan diantaranya sikap petugas dalam melayani, petunjuk dan
sarana akses dan akses informasi.
pemustaka terhadap kualitas layanan sirkulasi di Perpustakaan USNI. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan sirkulasi Perpustakaan USNI,
dilakukan dengan cara menggunakan dimensi dan indikator kualitas layanan yaitu,
kemampuan dan sikap petugas dalam melayani (Service Affect), petunjuk dan
sarana akses (Personal Control), dan akses informasi (Information Access).
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif.
Pengumpulan data penelitian ini adalah penelitian pustaka, penelitian lapangan
dengan cara observasi (pengamatan) dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini
diambil dari data pengunjung Perpustakaan USNI dari bulan April sampai dengan
Mei sebanyak 1429 orang. Sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Taro
Yamane, menggunakan cara accidental sampling. Hasil dari data yang diperoleh
selanjutnya diolah dengan cara memeriksa dan menerjemahkan hasil data, proses
selanjutnya data dihitung menggunakan persentase data dan hasilnya disajikan
dalam tabel. Pengukuran hasil persepsi peneliti menggunakan skala likert yang
bertujuan untuk mengukur sikap, pendapat dan persepsi pengguna. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa persepsi pengguna memuaskan dengan hasil skor
rata-rata 3,76 (memuaskan). Dengan rincian persepsi pemustaka terhadap sikap
dan kemampuan petugas dalam melayani 3,91 (memuaskan), persepsi pemustaka
terhadap Petunjuk dan sarana akses di layanan sirkulasi 3,74 (memuaskan) dan
persepsi pemustaka terhadap akses informasi di layanan sirkulasi 3,65 (
memuaskan). Secara keseluruhan persepsi pemustaka terhadap kualitas layanan
sirkulasi di USNI adalah memuaskan karena Perpustakaan USNI sudah memenuhi
variabel kualitas layanan diantaranya sikap petugas dalam melayani, petunjuk dan
sarana akses dan akses informasi.
Ketersediaan
SP16153 | SKR IPI 2016 53 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2016
Deskripsi Fisik
vii, 88 hlm.ilus.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Prisinta wanastri
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas