Pengaruh Komunikasi Interpersonal Pustakawan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Perpustakaan Umum Universitas Pamulang
Risyoni Faqih Yusufa - Personal Name
Komunikasi sangat penting untuk menentukan kualitas layanan perpustakaan yang
ideal, khususnya komunikasi interpersonal. Komunikasi Interpersonal di
perpustakaan terjadi antara pustakawan dan pemustaka perpustakaan. Pustakawan
harus memiliki kemampuan komunikasi interpersonal agar terciptanya
komunikasi yang baik dan tidak menyinggung. Penelitian ini dilakukan di
Perpustakaan Universitas Pamulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah komunikasi interpersonal pustakawan mempengaruhi kepuasan
pengunjung. Penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh sikap
keterbukaan, sikap empati, dan sikap dukungan terhadap kepuasan pengguna
Perpustakaan Universitas Pamulang. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini
adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan
rumus slovin, dengan jumlah 94 dari jumlah kunjungan bulan januari dan februari
2017. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner, dan analisis data
secara statistik menggunakan alat bantu Microsoft Excel 2010 dan SPSS versi 2.0.
Uji hipotesis menggunakan uji t dan uji f. Berdasarkan hasil uji keduanya,
didapati pengaruh sikap keterbukaan di Perpustakaan Umum Pamulang memiliki
hubungan dengan kategori rendah. Sikap empati pustakawan terhadap kepuasan
pengunjung perpustakaan Universitas Pamulang termasuk dalam kategori rendah.
Pengaruh sikap dukungan pustakawan terhadap kepuasan pengunjung
perpustakaan Universitas Pamulang termasuk dalam kategori rendah. Dengan
hasil keseluruhan variabel di atas diketahui bahwa hubungan antara komunikasi
interpersonal terhadap kepuasan pengunjung perpustakaan di Universitas
Pamulang, hubungannya sedang.
ideal, khususnya komunikasi interpersonal. Komunikasi Interpersonal di
perpustakaan terjadi antara pustakawan dan pemustaka perpustakaan. Pustakawan
harus memiliki kemampuan komunikasi interpersonal agar terciptanya
komunikasi yang baik dan tidak menyinggung. Penelitian ini dilakukan di
Perpustakaan Universitas Pamulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah komunikasi interpersonal pustakawan mempengaruhi kepuasan
pengunjung. Penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh sikap
keterbukaan, sikap empati, dan sikap dukungan terhadap kepuasan pengguna
Perpustakaan Universitas Pamulang. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini
adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan
rumus slovin, dengan jumlah 94 dari jumlah kunjungan bulan januari dan februari
2017. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner, dan analisis data
secara statistik menggunakan alat bantu Microsoft Excel 2010 dan SPSS versi 2.0.
Uji hipotesis menggunakan uji t dan uji f. Berdasarkan hasil uji keduanya,
didapati pengaruh sikap keterbukaan di Perpustakaan Umum Pamulang memiliki
hubungan dengan kategori rendah. Sikap empati pustakawan terhadap kepuasan
pengunjung perpustakaan Universitas Pamulang termasuk dalam kategori rendah.
Pengaruh sikap dukungan pustakawan terhadap kepuasan pengunjung
perpustakaan Universitas Pamulang termasuk dalam kategori rendah. Dengan
hasil keseluruhan variabel di atas diketahui bahwa hubungan antara komunikasi
interpersonal terhadap kepuasan pengunjung perpustakaan di Universitas
Pamulang, hubungannya sedang.
Ketersediaan
SP17110 | SKR IPI 17110 | Perpustakaan FAH (SKRIPSI IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 17110
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2017
Deskripsi Fisik
xi, 74 hlm.: ilus.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Ade Abdul Hak
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas