Kebijakan Politik Asosiasi Pendidikan Kolonial Terhadap Umat Islam Tahun 1890-1930
Amalia Rachmadanty - Personal Name
Penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan mengenai apa saja motif dan kebijakan
yang dibuat pemerintah Belanda terhadap pendidikan umat Islam di Hindia Belanda (1890-
1930) salah satunya adalah politik asosiasi pendidikan yang diprakarsai Snouck Hurgronje.
Dan bagaimana kondisi pendidikan masyarakat di Hindia Belanda, baik pendidikan model
Barat dan pendidikan Islam pada masa kolonial Belanda. Karena pada masa, itu Pemerintah
Belanda sangat mengawasi pendidikan khususnya lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini
bersifat deskriptif analitif, karena itu, metode yang penulis gunakan adalah kajian kualitatif,
dan data penulis peroleh melalui penelusuran literatur.
Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode yang biasa digunakan
dalam penelitian sejarah pada umumnya, yaitu; heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan
historiografi. Dalam penelitian ini penulis menemukan fakta-fakta terkait kebijakan
pemerintah Belanda terhadap pendidikan umat Islam di Hindia Belanda (1890-1930).
diantaranya; pertama timbulnya keresahan akibat diskriminasi pendidikan yang dilakukan
pemerintah Belanda khususnya Islam, kedua modernisasi pendidikan menumbuhkan
semangat kebangsaan baik dari basis pendidikan barat maupun basis pendidikan Islam
sebagai respon dari kebijakan pendidikan Belanda.
Skripsi ini juga ingin meningkatkan kajian sejarah dari sudut pandang pendidikan
dengan pendekatan politik dan sosial. Dari hasil analisa dengan menggunakan pendekatan
tersebut, penulis simpulkan bahwa asosiasi pendidikan yang awal mulanya diadakan untuk
menarik beberapa orang saja tidak sepenuhnya mencapai sasaran. Kebijakan Pemerintah
Belanda terhadap pendidikan bak pedang bermata dua, malah memperkuat Elit Intelektual
barisan nasionalis baik sekuler maupun Islam, yang menjadi ancaman bagi keberlangsungan
pemerintahan kolonial dan menjadi sarana penyadaran sosial bagi masyarakat pribumi
yang dibuat pemerintah Belanda terhadap pendidikan umat Islam di Hindia Belanda (1890-
1930) salah satunya adalah politik asosiasi pendidikan yang diprakarsai Snouck Hurgronje.
Dan bagaimana kondisi pendidikan masyarakat di Hindia Belanda, baik pendidikan model
Barat dan pendidikan Islam pada masa kolonial Belanda. Karena pada masa, itu Pemerintah
Belanda sangat mengawasi pendidikan khususnya lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini
bersifat deskriptif analitif, karena itu, metode yang penulis gunakan adalah kajian kualitatif,
dan data penulis peroleh melalui penelusuran literatur.
Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode yang biasa digunakan
dalam penelitian sejarah pada umumnya, yaitu; heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan
historiografi. Dalam penelitian ini penulis menemukan fakta-fakta terkait kebijakan
pemerintah Belanda terhadap pendidikan umat Islam di Hindia Belanda (1890-1930).
diantaranya; pertama timbulnya keresahan akibat diskriminasi pendidikan yang dilakukan
pemerintah Belanda khususnya Islam, kedua modernisasi pendidikan menumbuhkan
semangat kebangsaan baik dari basis pendidikan barat maupun basis pendidikan Islam
sebagai respon dari kebijakan pendidikan Belanda.
Skripsi ini juga ingin meningkatkan kajian sejarah dari sudut pandang pendidikan
dengan pendekatan politik dan sosial. Dari hasil analisa dengan menggunakan pendekatan
tersebut, penulis simpulkan bahwa asosiasi pendidikan yang awal mulanya diadakan untuk
menarik beberapa orang saja tidak sepenuhnya mencapai sasaran. Kebijakan Pemerintah
Belanda terhadap pendidikan bak pedang bermata dua, malah memperkuat Elit Intelektual
barisan nasionalis baik sekuler maupun Islam, yang menjadi ancaman bagi keberlangsungan
pemerintahan kolonial dan menjadi sarana penyadaran sosial bagi masyarakat pribumi
Ketersediaan
SS1607 | SKR SPI 2016 07 | Perpustakaan FAH (Skripsi SPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR SPI
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2016
Deskripsi Fisik
xiii, 106 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR SPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Budi sulistiono
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas