Pemanfaatan Koleksi Di Perpustakaan Smp Negeri 14 Depok
Putri novia hartanti - Personal Name
Penelitian ini membahas pemanfaatan koleksi di Perpustakaan SMP Negeri 14
Depok. Secara khusus bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan koleksi pada
perpustakaan SMP Negeri 14 Depok oleh siswa, mengetahui peran pustakawan
dalam membantu siswa untuk memanfaatkan koleksi, dan mengetahui kendala
yang dihadapi siswa dalam memanfaatkan koleksi. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini
adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 14 Depok sebanyak 87 siswa
diambil dengan menggunakan rumus alokasi proportional. Teknik dalam
menentukan sampel adalah teknik proportional random sampling. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa pemanfaatan koleksi pada perpustakaan SMP Negeri 14
Depok telah dimanfaatkan dengan baik oleh siswa dengan skor 3,88 sebagai
sumber informasi untuk menyelesaikan tugas dari guru maupun sebagai sumber
hiburan untuk mengisi waktu luang. Selain itu, siswa paling banyak
memanfaatkan koleksi di perpustakaan dengan cara membaca koleksi di
perpustakaan dan meminjam koleksi dari perpustakaan. Peran pustakawan dalam
membantu siswa memanfaatkan koleksi di perpustakaan SMP Negeri 14 Depok
sudah baik dengan skor 3,66. Pustakawan sudah dengan baik membantu dan
mengarahkan siswa dalam memanfaatkan koleksi yang dibutuhkan. Terdapat
beberapa kendala pemanfaatan koleksi terutama pada penempatan koleksi di rak
perpustakaan yang tidak teratur dengan skor 2,05atau tidak baik. Sedangkan
hanya sedikit yang mengalami kendala dalam memanfaatkan koleksi di
perpustakaan SMP Negeri 14 Depok seperti siswa tidak menemukan koleksi yang
dicari di rak perpustakaan, koleksi di perpustakaan tidak lengkap,koleksi di
perpustakaan tidak up to date (terbaru) dan siswa menemukan koleksi
perpustakaan yang rusak.
Depok. Secara khusus bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan koleksi pada
perpustakaan SMP Negeri 14 Depok oleh siswa, mengetahui peran pustakawan
dalam membantu siswa untuk memanfaatkan koleksi, dan mengetahui kendala
yang dihadapi siswa dalam memanfaatkan koleksi. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini
adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 14 Depok sebanyak 87 siswa
diambil dengan menggunakan rumus alokasi proportional. Teknik dalam
menentukan sampel adalah teknik proportional random sampling. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa pemanfaatan koleksi pada perpustakaan SMP Negeri 14
Depok telah dimanfaatkan dengan baik oleh siswa dengan skor 3,88 sebagai
sumber informasi untuk menyelesaikan tugas dari guru maupun sebagai sumber
hiburan untuk mengisi waktu luang. Selain itu, siswa paling banyak
memanfaatkan koleksi di perpustakaan dengan cara membaca koleksi di
perpustakaan dan meminjam koleksi dari perpustakaan. Peran pustakawan dalam
membantu siswa memanfaatkan koleksi di perpustakaan SMP Negeri 14 Depok
sudah baik dengan skor 3,66. Pustakawan sudah dengan baik membantu dan
mengarahkan siswa dalam memanfaatkan koleksi yang dibutuhkan. Terdapat
beberapa kendala pemanfaatan koleksi terutama pada penempatan koleksi di rak
perpustakaan yang tidak teratur dengan skor 2,05atau tidak baik. Sedangkan
hanya sedikit yang mengalami kendala dalam memanfaatkan koleksi di
perpustakaan SMP Negeri 14 Depok seperti siswa tidak menemukan koleksi yang
dicari di rak perpustakaan, koleksi di perpustakaan tidak lengkap,koleksi di
perpustakaan tidak up to date (terbaru) dan siswa menemukan koleksi
perpustakaan yang rusak.
Ketersediaan
SP1602 | SKR IPI 2016 02 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2016
Deskripsi Fisik
x, 93 hlm.: ilus.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Prisinta Wanastri
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas