Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Warabal dalam Mengembangkan Minat Baca Anak Melalui Pendar dan Dongeng
Riri rizky maulida - Personal Name
Alfida - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Taman Bacaan Masyarakat
(TBM) WARABAL dalam mengembangkan minat baca anak melalui kegiatan
Pendar (Pendampingan Belajar) dan Dongeng. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan
observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan metode
deskriptif naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TBM WARABAL
berperan penting dalam pengembangan minat baca melalui Pendar dan Dongeng.
Kegiatan ini disambut oleh antusiasme tinggi anak-anak dan respon positif dari
para orang tua, serta didukung layanan koleksi buku bacaan yang sudah
memenuhi kebutuhan bacaan anak-anak. Pendar dan Dongeng masih mengalami
hambatan dalam pelaksanaannya, yaitu terbatasnya ruangan karena banyaknya
anak-anak, terbatasnya pengajar yang hanya berjumlah 7 orang dalam
mendampingi anak dengan jumlah kurang lebih 100 orang. Kemudian lokasi
TBM berada di pedalaman dan belum ada transportasi umum, hal ini menjadi
kendala bagi anak-anak yang tinggal jauh dari TBM. Karena saat ini, 80% anak
yang terlibat dalam kegiatan Pendar dan Dongeng bertempat tinggal jauh dari
TBM
(TBM) WARABAL dalam mengembangkan minat baca anak melalui kegiatan
Pendar (Pendampingan Belajar) dan Dongeng. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan
observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan metode
deskriptif naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TBM WARABAL
berperan penting dalam pengembangan minat baca melalui Pendar dan Dongeng.
Kegiatan ini disambut oleh antusiasme tinggi anak-anak dan respon positif dari
para orang tua, serta didukung layanan koleksi buku bacaan yang sudah
memenuhi kebutuhan bacaan anak-anak. Pendar dan Dongeng masih mengalami
hambatan dalam pelaksanaannya, yaitu terbatasnya ruangan karena banyaknya
anak-anak, terbatasnya pengajar yang hanya berjumlah 7 orang dalam
mendampingi anak dengan jumlah kurang lebih 100 orang. Kemudian lokasi
TBM berada di pedalaman dan belum ada transportasi umum, hal ini menjadi
kendala bagi anak-anak yang tinggal jauh dari TBM. Karena saat ini, 80% anak
yang terlibat dalam kegiatan Pendar dan Dongeng bertempat tinggal jauh dari
TBM
Ketersediaan
SP1792 | SKR IPI 2017 92 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2017
Deskripsi Fisik
viii, 62 hlm.: ilus.; 25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Riri Rizky Maulida
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas