PERAN KOMUNITAS BACA PANDEGLANG (KBP) DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BACA ANAK MELALUI STORYTELLING
Siti Humairoh Awalia M - Personal Name
Alfida - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Komunitas Baca Pandeglang
(KBP) dalam mengembangkan minat baca anak melalui storytelling. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan
dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dari
penelitian berjumlah 12 orang, terdiri dari 7 anak, 3 orang tua, 1 petugas
perpustakaan keliling dan 1 ketua KBP. Hasil dari penelitian ini ialah : KBP
berperan dalam mengembangkan minat baca anak melalui storytelling. Anak
sangat senang dengan kegiatan storytelling yang dilaksanakan oleh KBP dengan
metode storytelling menggunakan alat peraga maupun tidak menggunakan alat
peraga. Hal ini dapat dilihat dari sikap anak dan intensitas kehadiran anak dalam
mengikuti kegiatan storytelling, anak menyimak dan bersemangat saat kegiatan
storytelling, anakpun mengikuti dan menceritakan kembali dongeng yang
didongengkan oleh KBP kepada teman dan anggota keluarga. Dari kegiatan ini
para orang tua, ketua KBP dan petugas perpustakaan menyatakan bahwa anakanak menyukai kegiatan storytelling yang dilaksanakan oleh KBP. Dalam
Pengembangan minat baca anak dapat dilihat dari perubahan minat baca anak
setelah kegiatan storytelling. Minat baca anak sebelum kegiatan storytelling
terdapat anak yang belum bisa membaca, belum termotivasi membaca dan sudah
memiliki minat baca. Setelah kegiatan storytelling, anak temotivasi untuk
membaca dan menambah minat baca anak. Dengan storytelling, dapat mengetahui
jenis minat anak terhadap informasi yang mereka butuhkan, jenis buku yang
dominan diminati anak ialah buku cerita nabi dan sahabat nabi.
(KBP) dalam mengembangkan minat baca anak melalui storytelling. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan
dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dari
penelitian berjumlah 12 orang, terdiri dari 7 anak, 3 orang tua, 1 petugas
perpustakaan keliling dan 1 ketua KBP. Hasil dari penelitian ini ialah : KBP
berperan dalam mengembangkan minat baca anak melalui storytelling. Anak
sangat senang dengan kegiatan storytelling yang dilaksanakan oleh KBP dengan
metode storytelling menggunakan alat peraga maupun tidak menggunakan alat
peraga. Hal ini dapat dilihat dari sikap anak dan intensitas kehadiran anak dalam
mengikuti kegiatan storytelling, anak menyimak dan bersemangat saat kegiatan
storytelling, anakpun mengikuti dan menceritakan kembali dongeng yang
didongengkan oleh KBP kepada teman dan anggota keluarga. Dari kegiatan ini
para orang tua, ketua KBP dan petugas perpustakaan menyatakan bahwa anakanak menyukai kegiatan storytelling yang dilaksanakan oleh KBP. Dalam
Pengembangan minat baca anak dapat dilihat dari perubahan minat baca anak
setelah kegiatan storytelling. Minat baca anak sebelum kegiatan storytelling
terdapat anak yang belum bisa membaca, belum termotivasi membaca dan sudah
memiliki minat baca. Setelah kegiatan storytelling, anak temotivasi untuk
membaca dan menambah minat baca anak. Dengan storytelling, dapat mengetahui
jenis minat anak terhadap informasi yang mereka butuhkan, jenis buku yang
dominan diminati anak ialah buku cerita nabi dan sahabat nabi.
Ketersediaan
IPI17012 | SKR IPI | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2017
Deskripsi Fisik
viii, 104 hlm.: ilus.; 25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Siti Humairoh Awalia M
Tidak tersedia versi lain