ANALISIS KUALITAS PELAYANAN SUKU DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA ADMINISTRASI JAKARTA SELATAN DALAM DIMENSI LIBQUAL+TM
Zakiah noor aisyah - Personal Name
Ida Farida - Personal Name
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan di Suku
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Selatan berdasarkan
harapan minimum, persepi dan harapan ideal pemustaka dengan menggunakan
metode LibQUAL+TM . Pengukuran dilakukan berdasarkan tiga dimensi yang
dijadikan indikator pengukuran yaitu Affect of Service, Information Control dan
Library as Place. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah
kuesioner. Sampel pada penelitian ini yaitu anggota Suku Dinas Perpustakaan dan
Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Selatan dari 2014 sampai dengan bulan
Februari 2017, sebanyak 3.377 orang yang dibatasi menggunakan rumus Slovin,
maka didapatkan jumlah responden sebanyak 97 orang. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dimana sampel
yang terpilih adalah anggota perpustakaan yang telah berkunjung minimal 2 kali.
Hasil penelitian menyatakan bahwa kualitas pelayanan berdasarkan dimensi affect
of service (kinerja petugas dalam pelayanan) diperoleh AG (Adequacy Gap)
negatif dengan skor -0,06 dan SG (Superiority Gap) negatif dengan skor -2,05.
Pada dimensi information control (kualitas informasi dan akses informasi)
diperoleh AG (Adequacy Gap) negatif dengan skor -0,38 dan SG (Superiority
Gap) negatif dengan skor -2,23. Sedangkan pada dimensi Library as Place (sarana
perpustakaan) diperoleh AG (Adequacy Gap) positif dengan skor 1,02 dan SG
(Superiority Gap) negatif dengan skor -0,53. Kualitas pelayanan secara
keseluruhan dari tiga dimensi LibQUAL+TM di Suku Dinas Perpustakaan dan
Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Selatan diperoleh AG (Adequacy Gap)
bernilai positif dengan skor 0,19 yang menunjukkan bahwa pemustaka merasa
cukup puas dan SG (Superiority Gap) bernilai negatif dengan skor -1,61 yang
menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dinilai baik dan berada dalam zona
toleransi/zone of tolerance, namun belum mampu memenuhi harapan ideal yang
diinginkan oleh pemustaka
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Selatan berdasarkan
harapan minimum, persepi dan harapan ideal pemustaka dengan menggunakan
metode LibQUAL+TM . Pengukuran dilakukan berdasarkan tiga dimensi yang
dijadikan indikator pengukuran yaitu Affect of Service, Information Control dan
Library as Place. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah
kuesioner. Sampel pada penelitian ini yaitu anggota Suku Dinas Perpustakaan dan
Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Selatan dari 2014 sampai dengan bulan
Februari 2017, sebanyak 3.377 orang yang dibatasi menggunakan rumus Slovin,
maka didapatkan jumlah responden sebanyak 97 orang. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dimana sampel
yang terpilih adalah anggota perpustakaan yang telah berkunjung minimal 2 kali.
Hasil penelitian menyatakan bahwa kualitas pelayanan berdasarkan dimensi affect
of service (kinerja petugas dalam pelayanan) diperoleh AG (Adequacy Gap)
negatif dengan skor -0,06 dan SG (Superiority Gap) negatif dengan skor -2,05.
Pada dimensi information control (kualitas informasi dan akses informasi)
diperoleh AG (Adequacy Gap) negatif dengan skor -0,38 dan SG (Superiority
Gap) negatif dengan skor -2,23. Sedangkan pada dimensi Library as Place (sarana
perpustakaan) diperoleh AG (Adequacy Gap) positif dengan skor 1,02 dan SG
(Superiority Gap) negatif dengan skor -0,53. Kualitas pelayanan secara
keseluruhan dari tiga dimensi LibQUAL+TM di Suku Dinas Perpustakaan dan
Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Selatan diperoleh AG (Adequacy Gap)
bernilai positif dengan skor 0,19 yang menunjukkan bahwa pemustaka merasa
cukup puas dan SG (Superiority Gap) bernilai negatif dengan skor -1,61 yang
menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dinilai baik dan berada dalam zona
toleransi/zone of tolerance, namun belum mampu memenuhi harapan ideal yang
diinginkan oleh pemustaka
Ketersediaan
IPI17011 | SKR IPI 2017 11 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI17011
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2017
Deskripsi Fisik
xii, 122 hlm.: ilus.; 25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Persepsi
LibQUAL+tm
kualitas pelayanan
harapan ideal
harapan minimum
Perpustakaan Umum,
suku dinas perpustakaan dan kearsipan kota admini
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Zakiah Noor Aisyah
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas