Persepsi Pemustaka Terhadap Layanan Sirkulasi Dan Penelusuran Melalui Opac (Online Public Access Catalog) Di Perpustakaan Institut Teknologi Indonesia
Dhiafah Rahmawati - Personal Name
Fahma Rianti - Personal Name
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Persepsi Pemustaka Terhadap
Layanan Sirkulasi dan Penelusuran melalui OPAC (ONLINE PUBLIC ACCESS
CATALOG) di Perpustakaan Institut Teknologi Indonesia. Penelitian ini hanya
dibatasi pada persepsi pemustaka terhadap sistem layanan sirkulasi dan
penelusuran pada OPAC. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistik
deskriptif dengan pendekatan kuantitatitf. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa ITI sebagai pemustaka dan pengguna OPAC di Perpustakaan. Jumlah
sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 20% dari total populasi 300
orang rata-rata pengunjung setiap bulannya dimana total sampel penelitian ini
sebanyak 60 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan purposive sampling. Hasil dari data yang diperoleh kemudian
diolah dengan menyeleksi data dan prosentase data. Untuk mengukur hasil
persepsi pemustaka, peneliti menggunakan skala likert. Hasil penelitian mengenai
persepsi terhadap layanan sirkulasi menunjukkan bahwa skor rata-rata terhadap
aspek efisiensi adalah 1,86 (kurang baik). Persepsi pemustaka terhadap
penelusuran melalui OPAC menunjukkan skor rata-rata pada aspek user friendly
adalah 2,40 (kurang baik), aspek fleksibel 1,85 (kurang baik). aspek informasi
2,65 (kurang baik), Disimpulkan bahwa dari hasil skor rata-rata persepsi
pemustaka terhadap layanan sirkulasi adalah 1,86 (Kurang Baik) sedangkan
persepsi pemustaka terhadap penelusuran melalui OPAC adalah 2,30 (Kurang
Baik). Artinya menurut pemustaka layanan sirkulasi dan penelusuran melalui
OPAC di Perpustakan Institut Teknologi Indonesia dapat dikatakan kurang baik.
Layanan Sirkulasi dan Penelusuran melalui OPAC (ONLINE PUBLIC ACCESS
CATALOG) di Perpustakaan Institut Teknologi Indonesia. Penelitian ini hanya
dibatasi pada persepsi pemustaka terhadap sistem layanan sirkulasi dan
penelusuran pada OPAC. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistik
deskriptif dengan pendekatan kuantitatitf. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa ITI sebagai pemustaka dan pengguna OPAC di Perpustakaan. Jumlah
sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 20% dari total populasi 300
orang rata-rata pengunjung setiap bulannya dimana total sampel penelitian ini
sebanyak 60 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan purposive sampling. Hasil dari data yang diperoleh kemudian
diolah dengan menyeleksi data dan prosentase data. Untuk mengukur hasil
persepsi pemustaka, peneliti menggunakan skala likert. Hasil penelitian mengenai
persepsi terhadap layanan sirkulasi menunjukkan bahwa skor rata-rata terhadap
aspek efisiensi adalah 1,86 (kurang baik). Persepsi pemustaka terhadap
penelusuran melalui OPAC menunjukkan skor rata-rata pada aspek user friendly
adalah 2,40 (kurang baik), aspek fleksibel 1,85 (kurang baik). aspek informasi
2,65 (kurang baik), Disimpulkan bahwa dari hasil skor rata-rata persepsi
pemustaka terhadap layanan sirkulasi adalah 1,86 (Kurang Baik) sedangkan
persepsi pemustaka terhadap penelusuran melalui OPAC adalah 2,30 (Kurang
Baik). Artinya menurut pemustaka layanan sirkulasi dan penelusuran melalui
OPAC di Perpustakan Institut Teknologi Indonesia dapat dikatakan kurang baik.
Ketersediaan
SP17104 | SKR IPI | Tersedia | |
SP17105 | SKR SP17104 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR SP17104
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2017
Deskripsi Fisik
xi , 80 hlm , ilus
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dhiafah Rahmawati
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas