MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI SISWA SMAN 2 TANGERANG SELATAN MENGGUNAKAN EMPOWERING 8 PADA PROGRAM KELAS PERCEPATAN
Made Treyani - Personal Name
Ida Farida - Personal Name
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan literasi informasi
siswa program kelas percepatan di SMAN 2 Tangerang Selatan dalam
menyelesaikan tugas makalah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian survei
menggunakan kuesioner. Kuesioner disebarkan kepada siswa kelas 11 dan 12
program kelas percepatan yang berjumlah 83 siswa keseluruhannya. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini ialah Quata Sampling di mana seluruh populasi
dijadikan sampel atau 100% siswa program kelas percepatan. Model literasi
informasi yang digunakan dalam penelitian ini ialah Empowering 8 dengan
mengambil 3 aspek kemampuan literasi informasi yaitu mengidentifikasi,
mengorganisasi, dan menciptakan informasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa
kemampuan literasi informasi siswa sudah baik dalam menyelesaikan tugas
makalah. Adapun hasil skor rata-rata dari aspek mengidentifikasi adalah 2,97,
aspek mengorganisasi adalah 3,22, aspek menciptakan 3,64, ketiganya berada
pada skala interval 2,57 – 3,27
siswa program kelas percepatan di SMAN 2 Tangerang Selatan dalam
menyelesaikan tugas makalah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian survei
menggunakan kuesioner. Kuesioner disebarkan kepada siswa kelas 11 dan 12
program kelas percepatan yang berjumlah 83 siswa keseluruhannya. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini ialah Quata Sampling di mana seluruh populasi
dijadikan sampel atau 100% siswa program kelas percepatan. Model literasi
informasi yang digunakan dalam penelitian ini ialah Empowering 8 dengan
mengambil 3 aspek kemampuan literasi informasi yaitu mengidentifikasi,
mengorganisasi, dan menciptakan informasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa
kemampuan literasi informasi siswa sudah baik dalam menyelesaikan tugas
makalah. Adapun hasil skor rata-rata dari aspek mengidentifikasi adalah 2,97,
aspek mengorganisasi adalah 3,22, aspek menciptakan 3,64, ketiganya berada
pada skala interval 2,57 – 3,27
Ketersediaan
IPI17002 | SKR IPI | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI17002
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2017
Deskripsi Fisik
viii, 76 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Made Treyani
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas