PERAN KOLEKSI FIKSI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK BINAAN DI PERPUSTAKAAN LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK PRIA KELAS I TANGERANG
Rifki Sahuri Ramadhan - Personal Name
Alfida - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketersediaan koleksi fiksi,
peran koleksi fiksi terhadap minat baca anak binaan dan faktor yang
mendorong minat baca anak binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak
Pria Kelas I Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini
adalah kasubsi pendidikan dan latihan keterampilan, petugas perpustakaan
dan enam anak binaan yang terbagi dalam tiga tingkat pendidikan SD, SMP
dan SMK. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketersediaan koleksi
fiksi banyak dari segi kuantitas ditandai oleh rasio perbandingan anak binaan
dengan koleksi di perpustakaan LPKA yaitu 1:53. Koleksi fiksi yang tersedia
beragam seperti komik, novel, buku cerita bergambar dan buku puisi. Namun
koleksi fiksi di Perpustakaan LPKA hanya tersedia dalam bentuk tercetak.
Koleksi fiksi dapat memberikan peran dalam pengembangan minat baca anak
binaan yang diawali dengan membangun minat baca melalui daya tarik
koleksi fiksi yaitu cerita yang menarik disertai dengan gambar serta
disuguhkan dengan berbagai macam tema cerita yang disukai anak. Anak
binaan tingkat pendidikan SD menyukai fiksi bertema komedi, anak binaan
tingkat pendidikan SMP menyukai fiksi bertema komedi dan religi, dan anak
binaan tingkat pendidikan SMK menyukai fiksi bertema percintaan.
Selanjutnya perkembangan minat baca anak binaan ditandai dengan
meningkatnya intensitas membaca sebelum dan setelah anak berada di LPKA.
Kebutuhan rekreasi dan kebutuhan psikologis merupakan faktor pendorong
minat baca anak binaan di LPKA Pria Kelas I Tangerang
peran koleksi fiksi terhadap minat baca anak binaan dan faktor yang
mendorong minat baca anak binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak
Pria Kelas I Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini
adalah kasubsi pendidikan dan latihan keterampilan, petugas perpustakaan
dan enam anak binaan yang terbagi dalam tiga tingkat pendidikan SD, SMP
dan SMK. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketersediaan koleksi
fiksi banyak dari segi kuantitas ditandai oleh rasio perbandingan anak binaan
dengan koleksi di perpustakaan LPKA yaitu 1:53. Koleksi fiksi yang tersedia
beragam seperti komik, novel, buku cerita bergambar dan buku puisi. Namun
koleksi fiksi di Perpustakaan LPKA hanya tersedia dalam bentuk tercetak.
Koleksi fiksi dapat memberikan peran dalam pengembangan minat baca anak
binaan yang diawali dengan membangun minat baca melalui daya tarik
koleksi fiksi yaitu cerita yang menarik disertai dengan gambar serta
disuguhkan dengan berbagai macam tema cerita yang disukai anak. Anak
binaan tingkat pendidikan SD menyukai fiksi bertema komedi, anak binaan
tingkat pendidikan SMP menyukai fiksi bertema komedi dan religi, dan anak
binaan tingkat pendidikan SMK menyukai fiksi bertema percintaan.
Selanjutnya perkembangan minat baca anak binaan ditandai dengan
meningkatnya intensitas membaca sebelum dan setelah anak berada di LPKA.
Kebutuhan rekreasi dan kebutuhan psikologis merupakan faktor pendorong
minat baca anak binaan di LPKA Pria Kelas I Tangerang
Ketersediaan
IPI17001 | SKR IPI | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2017
Deskripsi Fisik
vi, 72 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
RIFKI SAHURI RAMADHAN
Tidak tersedia versi lain