PEMANFAATAN KOTAK KELANA PERPUSTAKAAN YAYASAN PUSTAKA KELANA OLEH SISWA SD DAN SMP
Syarah Alfiana - Personal Name
Siti Maryam - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan buku dan peran guru dalam
membantu para siswa untuk memanfaatkan program Kotak Kelana. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang
digunakan dengan penyebaran kuesioner, sampel yang diambil sebanyak 76 siswa.
Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Hampir setengahnya siswa 36
(47%) sering memanfaatkan Kotak kelana, sebagian besar siswa 51 (67%)
memanfaatkan buku fiksi, sebagian besar siswa 40 (53%) memanfaatkan buku
novel/buku cerita, dan hampir setengahnya responden 33 (43%) memanfaatkan
buku Bahasa. Adapun alasan siswa memanfaatkan buku Kotak Kelana untuk
mengisi waktu luang yaitu hampir setengahnya siswa 37 (49%). Peran guru dalam
membantu siswa dalam memanfaatkan buku Kotak Kelana hampir setengahnya 47
(44%) adalah mengharuskan mereka membaca buku dari Kotak Kelana selama 15
menit sebelum memulai pelajaran, selain itu peran guru sebagian besar responden
39 (51%) adalah menyampaikan materi dengan cara yang menarik. Kesimpulannya
adalah keefektifan pemanfaatan program Kotak Kelana Perpustakaan Yayasan
Pustaka Kelana oleh siswa SD dan SMP akan lebih baik bila ada peran guru di
dalamnya
membantu para siswa untuk memanfaatkan program Kotak Kelana. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang
digunakan dengan penyebaran kuesioner, sampel yang diambil sebanyak 76 siswa.
Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Hampir setengahnya siswa 36
(47%) sering memanfaatkan Kotak kelana, sebagian besar siswa 51 (67%)
memanfaatkan buku fiksi, sebagian besar siswa 40 (53%) memanfaatkan buku
novel/buku cerita, dan hampir setengahnya responden 33 (43%) memanfaatkan
buku Bahasa. Adapun alasan siswa memanfaatkan buku Kotak Kelana untuk
mengisi waktu luang yaitu hampir setengahnya siswa 37 (49%). Peran guru dalam
membantu siswa dalam memanfaatkan buku Kotak Kelana hampir setengahnya 47
(44%) adalah mengharuskan mereka membaca buku dari Kotak Kelana selama 15
menit sebelum memulai pelajaran, selain itu peran guru sebagian besar responden
39 (51%) adalah menyampaikan materi dengan cara yang menarik. Kesimpulannya
adalah keefektifan pemanfaatan program Kotak Kelana Perpustakaan Yayasan
Pustaka Kelana oleh siswa SD dan SMP akan lebih baik bila ada peran guru di
dalamnya
Ketersediaan
IPI19002 | SKR IPI | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI19002
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2019
Deskripsi Fisik
ix, 67 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Pemanfaatan,
Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana
Program
Perpustakaan Umum,
Taman Bacaan Masyarakat,
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
SYARAH ALFIANA
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas