KOMUNIKASI NONVERBAL PUSTAKAWAN DALAM MELAYANI PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UMUM DAERAH PROVINSI DKI JAKARTA
ANITA NURSEHA - Personal Name
Fahma Rianti - Personal Name
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi nonverbal
pustakawan di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta serta
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi nonverbal pustakawan
di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta pada saat melayani
pemustaka. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara, observasi, kajian kepustakaan, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pustakawan di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI
Jakarta sudah mengetahui dan menyadari akan pentingnya penerapan komunikasi
nonverbal pada saat melayani pemustaka dengan standar khusus yang diarahkan
oleh perpustakaan dan pelatihan layanan prima yang telah diselenggarakan.
Penerapan komunikasi nonverbal yang utama dengan menyambut dengan ramah
pemustaka sesuai dengan SOP pelayanan perpustakaan. Ada faktor yang
mempengaruhi komunikasi nonverbal pustakawan pada saat melayani pemustaka
antara lain faktor citra diri pustakawan, faktor citra lain dan lingkungan fisik, serta
faktor kondisi dan lingkungan sosial. Ada juga temuan terkait dari penerapan
komunikasi nonverbal yang masih belum sepenuhnya diterapkan oleh beberapa
pustakawan salah satunya pada saat menyambut pemustaka yang datang. Selain
itu, belum ada kebijakan tertulis terkait komunikasi nonverbal pustakawan untuk
melayani pemustaka di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta.
Dengan demikian kesimpulanya bahwa pustakawan sudah menerapkan dengan
baik komunikasi nonverbal pada saat melayani pemustaka karena adanya sikap
profesional dan tanggung jawab pustakawan untuk selalu berusaha memberikan
layanan prima kepada pemustaka.
pustakawan di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta serta
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi nonverbal pustakawan
di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta pada saat melayani
pemustaka. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara, observasi, kajian kepustakaan, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pustakawan di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI
Jakarta sudah mengetahui dan menyadari akan pentingnya penerapan komunikasi
nonverbal pada saat melayani pemustaka dengan standar khusus yang diarahkan
oleh perpustakaan dan pelatihan layanan prima yang telah diselenggarakan.
Penerapan komunikasi nonverbal yang utama dengan menyambut dengan ramah
pemustaka sesuai dengan SOP pelayanan perpustakaan. Ada faktor yang
mempengaruhi komunikasi nonverbal pustakawan pada saat melayani pemustaka
antara lain faktor citra diri pustakawan, faktor citra lain dan lingkungan fisik, serta
faktor kondisi dan lingkungan sosial. Ada juga temuan terkait dari penerapan
komunikasi nonverbal yang masih belum sepenuhnya diterapkan oleh beberapa
pustakawan salah satunya pada saat menyambut pemustaka yang datang. Selain
itu, belum ada kebijakan tertulis terkait komunikasi nonverbal pustakawan untuk
melayani pemustaka di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta.
Dengan demikian kesimpulanya bahwa pustakawan sudah menerapkan dengan
baik komunikasi nonverbal pada saat melayani pemustaka karena adanya sikap
profesional dan tanggung jawab pustakawan untuk selalu berusaha memberikan
layanan prima kepada pemustaka.
Ketersediaan
SP2001 | SKR IPI 2020 01 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI21008
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2020
Deskripsi Fisik
ix, 109 hlm.: ilus.; 25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta
Komunikasi Nonverbal Pustakawan,
Komunikasi Interpersonal,
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
ANITA NURSEHA
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas