Pengaruh Kemampuan Komunikasi Pustakawan Terhadap Kepuasan Pemustaka di Perpustakaan Universitas Satya Negara Indonesia
Muhammad Andika Prakoso - Personal Name
Fahma Rianti - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi
pustakawan terhadap kepuasan pemusta di pepustakaan Universitas Satya Negara
Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah mahasiswa yang berkunjung 4 (empat) bulan terakhir yaitu
pada bulan Januari, Februari, Maret dan April ke Perpustakaan Universitas Satya
Negara Indonesia yang berjumlah 1.320 dengan sampel penelitian sebanyak 93
orang mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa analisis uji
statistik dalam penelitian ini didapatkan hasi bahwa variabel komunikasi (X1)
memiliki nilai signifikansi (Sig.) 0.617 pada tabel Coefficientsa dengan nilai α
(derajat signifkansi) 0.05 artinya 0.000 t tabel (2.000). Artinya komunikasi
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. Semakin tinggi kemampuan
komunikasi interpersonal pustakawan, maka semakin tinggi kepuasan pemustaka.
Sebaliknya, semakin rendah kemampuan komunikasi interpersonal yang dimiliki
pustakawan, maka semakin rendah pula kepuasan pemustaka.
pustakawan terhadap kepuasan pemusta di pepustakaan Universitas Satya Negara
Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah mahasiswa yang berkunjung 4 (empat) bulan terakhir yaitu
pada bulan Januari, Februari, Maret dan April ke Perpustakaan Universitas Satya
Negara Indonesia yang berjumlah 1.320 dengan sampel penelitian sebanyak 93
orang mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa analisis uji
statistik dalam penelitian ini didapatkan hasi bahwa variabel komunikasi (X1)
memiliki nilai signifikansi (Sig.) 0.617 pada tabel Coefficientsa dengan nilai α
(derajat signifkansi) 0.05 artinya 0.000 t tabel (2.000). Artinya komunikasi
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. Semakin tinggi kemampuan
komunikasi interpersonal pustakawan, maka semakin tinggi kepuasan pemustaka.
Sebaliknya, semakin rendah kemampuan komunikasi interpersonal yang dimiliki
pustakawan, maka semakin rendah pula kepuasan pemustaka.
Ketersediaan
SP20015 | SKR IPI 2020 015 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI21006
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2020
Deskripsi Fisik
x, 90 hlm.: ilus.; 25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Muhammad Andika Prakoso
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas