STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN MELALUI INSTAGRAM DI PERPUSTAKAAN KEMENTERIAN KEUANGAN RI
Nabilah Sumayyah - Personal Name
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi promosi
perpustakaan yang dilakukan oleh Perpustakaan Kementerian Keuangan RI
melalui media sosial instagram. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
wawancara, serta kajian dokumentasi, sedangkan untuk teknik analisis meliputi
reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari
penelitian yang dilakukan, Perpustakaan Kementerian Keuangan RI melakukan
promosi perpustakaan melalui media instagram agar mempermudah penyebaran
informasi dan lebih mudah dalam menjangkau para pemustakanya. Dengan
memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia di instagram, disertai dengan
penggunaan warna, font, ukuran, redaksi penulisan promosi serta elemen lainnya
pada unggahan promosinya, perpustakaan berusaha menarik atensi pemustaka
serta pengguna instagram lainnya agar berminat, dan berkeinginan untuk
memanfaatkan layanan perpustakaan. Selain itu, perpustakaan juga memanfaatkan
kegiatan promosi melalui instagram untuk melakukan branding perpustakaan
melalui konten-konten unggahannya. Hanya saja beberapa kendala selama
melakukan strategi promosi masih ditemui, namun masih dapat teratasi dengan
baik sehingga strategi promosi perpustakaan melalui instagram ini cukup efektif
di beberapa bagian, terutama dalam meningkatkan akses kunjungan e-Perpus dan
acara-acara yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Kementerian Keuangan RI.
perpustakaan yang dilakukan oleh Perpustakaan Kementerian Keuangan RI
melalui media sosial instagram. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
wawancara, serta kajian dokumentasi, sedangkan untuk teknik analisis meliputi
reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari
penelitian yang dilakukan, Perpustakaan Kementerian Keuangan RI melakukan
promosi perpustakaan melalui media instagram agar mempermudah penyebaran
informasi dan lebih mudah dalam menjangkau para pemustakanya. Dengan
memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia di instagram, disertai dengan
penggunaan warna, font, ukuran, redaksi penulisan promosi serta elemen lainnya
pada unggahan promosinya, perpustakaan berusaha menarik atensi pemustaka
serta pengguna instagram lainnya agar berminat, dan berkeinginan untuk
memanfaatkan layanan perpustakaan. Selain itu, perpustakaan juga memanfaatkan
kegiatan promosi melalui instagram untuk melakukan branding perpustakaan
melalui konten-konten unggahannya. Hanya saja beberapa kendala selama
melakukan strategi promosi masih ditemui, namun masih dapat teratasi dengan
baik sehingga strategi promosi perpustakaan melalui instagram ini cukup efektif
di beberapa bagian, terutama dalam meningkatkan akses kunjungan e-Perpus dan
acara-acara yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Kementerian Keuangan RI.
Ketersediaan
SP2005 | SKR IPI 2020 05 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2020
Deskripsi Fisik
xi, 86 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Parhan Hidayat
Tidak tersedia versi lain