Mengukur Kualitas Layanan Anak Di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Menggunakan Metode Libqual+Tm
Nurul Amalia - Personal Name
Fadhilatul Hamdani - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas layanan anak di
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menggunakan metode
LibQUAL+TM yang ditinjau dari dimensi kinerja pustakawan
dalam pelayanan (Affect of Service), kualitas informasi dan akses
informasi (Information Control), dan sarana perpustakaan (Library
as Place). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif
dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini adalah studi pustaka dan kuisioner. Populasi dalam
penelitian ini sebanyak 647 orang. Dari populasi tersebut diperoleh
sampel sebanyak 87 orang yang dihitung menggunakan rumus
Slovin. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental
sampling. Hasil penelitian menyatakan bahwa kualitas layanan
anak berdasarkan aspek affect of service, pemustaka cukup puas
dengan Adequancy Gap (AG) bernilai positif yaitu 0,27 dan
layanan bernilai baik dengan Superiority Gap (SG) bernilai negatif
yaitu -1,72. Berdasarkan aspek information control, pemustaka
cukup puas dengan Adequancy Gap (AG) bernilai positif yaitu 0,2
dan layanan bernilai baik dengan Superiority Gap (SG) bernilai
negatif yaitu -1,84 . Berdasarkan aspek library as place, pemustaka
cukup puas dengan Adequancy Gap (AG) bernilai positif yaitu
0,33 dan layanan bernilai baik dengan Superiority Gap (SG)
bernilai negatif yaitu -0,87. Kualitas layanan anak secara
keseluruhan dari tiga dimensi LibQUAL+TM di Perpustakaan
Nasional Republik Indonesia menunjukkan bahwa Adequancy Gap
(AG) bernilai positif dengan skor 0,27 menunjukkan pemustaka
cukup puas atas kualitas layanan. Superiority Gap (SG) bernilai
negatif yaitu -1,47.yang menunjukkan bahwa kualitas layanan
dinilai baik dan berada dalam batas toleransi/zone of tolerance,
namun belum mampu memenuhi harapan sesungguhnya yang
diinginkan pemustaka.
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menggunakan metode
LibQUAL+TM yang ditinjau dari dimensi kinerja pustakawan
dalam pelayanan (Affect of Service), kualitas informasi dan akses
informasi (Information Control), dan sarana perpustakaan (Library
as Place). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif
dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini adalah studi pustaka dan kuisioner. Populasi dalam
penelitian ini sebanyak 647 orang. Dari populasi tersebut diperoleh
sampel sebanyak 87 orang yang dihitung menggunakan rumus
Slovin. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental
sampling. Hasil penelitian menyatakan bahwa kualitas layanan
anak berdasarkan aspek affect of service, pemustaka cukup puas
dengan Adequancy Gap (AG) bernilai positif yaitu 0,27 dan
layanan bernilai baik dengan Superiority Gap (SG) bernilai negatif
yaitu -1,72. Berdasarkan aspek information control, pemustaka
cukup puas dengan Adequancy Gap (AG) bernilai positif yaitu 0,2
dan layanan bernilai baik dengan Superiority Gap (SG) bernilai
negatif yaitu -1,84 . Berdasarkan aspek library as place, pemustaka
cukup puas dengan Adequancy Gap (AG) bernilai positif yaitu
0,33 dan layanan bernilai baik dengan Superiority Gap (SG)
bernilai negatif yaitu -0,87. Kualitas layanan anak secara
keseluruhan dari tiga dimensi LibQUAL+TM di Perpustakaan
Nasional Republik Indonesia menunjukkan bahwa Adequancy Gap
(AG) bernilai positif dengan skor 0,27 menunjukkan pemustaka
cukup puas atas kualitas layanan. Superiority Gap (SG) bernilai
negatif yaitu -1,47.yang menunjukkan bahwa kualitas layanan
dinilai baik dan berada dalam batas toleransi/zone of tolerance,
namun belum mampu memenuhi harapan sesungguhnya yang
diinginkan pemustaka.
Ketersediaan
SP21001 | SKR IPI | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 21001
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2021
Deskripsi Fisik
viii, 104 hlm.: ilus.; 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Nurul Amalia
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas