Kemampuan Literasi Informasi Siswa Sd An-Nisaa’ Pondok Aren-Bintaro
Irani Norma Astanti - Personal Name
Pungki Purnomo, M.LIS - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi siswa SD An-
Nisaa’. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Teknik pengambilan data berupa data primer yang terdiri dari observasi dan
kuesioner, sedangkan data sekunder berupa dokumen-dokumen seperti karya
ilmiah, karya tulis orang lain, dsb. Kuesioner disebarkan kepada siswa kelas 5 SD
An-Nisaa’ dengan sampel sebanyak 84 siswa. Penelitian ini diuji validitas dan
reliabilitas menggunakan teknik Cronbach’s Alpha dengan bantuan IBM SPSS V22.
Kuesioner dibuat dengan menggunakan indikator sesuai dengan standar The Big6.
Dari hasil penelitian, berdasarkan indikator-indikator yang telah diuji diperoleh
hasil yaitu 3,04 yang berada pada skala interval 2,51-3,25 (BAIK). Bisa
disimpulkan bahwa kemampuan literasi informasi siswa SD An-Nisaa’ dengan
menggunakan seluruh keterampilan yang ada pada model The Big6 sudah baik. Hal
ini terjadi karena perpustakaan menyadari betapa pentingnya keterampilan literasi
informasi untuk diajarkan kepada siswa. Salah satu kegiatan yang dapat menunjang
kemampuan literasi informasi ini adalah kegiatan pendidikan pemakai, karena
dalam kegiatan pendidikan pemakai siswa diajarkan untuk menemukan dan
mengakses sumber informasi yang tepat.
Nisaa’. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Teknik pengambilan data berupa data primer yang terdiri dari observasi dan
kuesioner, sedangkan data sekunder berupa dokumen-dokumen seperti karya
ilmiah, karya tulis orang lain, dsb. Kuesioner disebarkan kepada siswa kelas 5 SD
An-Nisaa’ dengan sampel sebanyak 84 siswa. Penelitian ini diuji validitas dan
reliabilitas menggunakan teknik Cronbach’s Alpha dengan bantuan IBM SPSS V22.
Kuesioner dibuat dengan menggunakan indikator sesuai dengan standar The Big6.
Dari hasil penelitian, berdasarkan indikator-indikator yang telah diuji diperoleh
hasil yaitu 3,04 yang berada pada skala interval 2,51-3,25 (BAIK). Bisa
disimpulkan bahwa kemampuan literasi informasi siswa SD An-Nisaa’ dengan
menggunakan seluruh keterampilan yang ada pada model The Big6 sudah baik. Hal
ini terjadi karena perpustakaan menyadari betapa pentingnya keterampilan literasi
informasi untuk diajarkan kepada siswa. Salah satu kegiatan yang dapat menunjang
kemampuan literasi informasi ini adalah kegiatan pendidikan pemakai, karena
dalam kegiatan pendidikan pemakai siswa diajarkan untuk menemukan dan
mengakses sumber informasi yang tepat.
Ketersediaan
SP1911 | SKR IPI 2019 11 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 19085
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2019
Deskripsi Fisik
ix, 87 Hlm, 25 Cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Irani Norma Astanti
Tidak tersedia versi lain