Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Pada Taman Baca Widya Pustaka Kabupaten Pemalang
Muhison Salafudin - Personal Name
Nuryudi - Personal Name
Penelitian ini membahas mengenai Pemanfaatan Instagram sebagai Sarana
Promosi pada Taman Baca Widya Pustaka Kabupaten Pemalang. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan Instagram sebagai sarana
promosi di Taman Baca Widya Pustaka. Metode penelitian ini menggunakan
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan, teknik
pengumpulan data adalah observasi, wawancara, riset kepustakaan dan
dokumentasi. Teknik penguji keabsahan data menggunakan teknik kredibilitas
dengan metode triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Teknis analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa TBM Widya Pustaka telah memanfaatkan
Instagram sebagai sarana promosi dengan baik. Konsep promosi TBM Widya
Pustaka dibuat dengan Instagramable. Konten yang dipromosikan berupa
informasi dan kegiatan terkait TBM Widya Pustaka. Fitur-fitur Instagram hampir
seluruhnya dimanfaatkan oleh TBM Widya Pustaka. Dampak yang diperoleh
melalui promosi adalah donasi (buku dan uang), membuat bertambahnya
pengunjung, dan kerjasama antara TBM Widya Pustaka dengan TBM lainnya,
diantaranya: saling mention akun TBM dengan TBM lainnya untuk saling
mempromosikan dan mention bila ada acara mengenai TBM. Kendala yang
dihadapi TBM Widya Pustaka dalam pemanfaatan media sosial Instagram sebagai
sarana promosi adalah anggaran dan susahnya koneksi internet.
Promosi pada Taman Baca Widya Pustaka Kabupaten Pemalang. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan Instagram sebagai sarana
promosi di Taman Baca Widya Pustaka. Metode penelitian ini menggunakan
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan, teknik
pengumpulan data adalah observasi, wawancara, riset kepustakaan dan
dokumentasi. Teknik penguji keabsahan data menggunakan teknik kredibilitas
dengan metode triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Teknis analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa TBM Widya Pustaka telah memanfaatkan
Instagram sebagai sarana promosi dengan baik. Konsep promosi TBM Widya
Pustaka dibuat dengan Instagramable. Konten yang dipromosikan berupa
informasi dan kegiatan terkait TBM Widya Pustaka. Fitur-fitur Instagram hampir
seluruhnya dimanfaatkan oleh TBM Widya Pustaka. Dampak yang diperoleh
melalui promosi adalah donasi (buku dan uang), membuat bertambahnya
pengunjung, dan kerjasama antara TBM Widya Pustaka dengan TBM lainnya,
diantaranya: saling mention akun TBM dengan TBM lainnya untuk saling
mempromosikan dan mention bila ada acara mengenai TBM. Kendala yang
dihadapi TBM Widya Pustaka dalam pemanfaatan media sosial Instagram sebagai
sarana promosi adalah anggaran dan susahnya koneksi internet.
Ketersediaan
SP19060 | SKR IPI 19060 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 19060
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2019
Deskripsi Fisik
viii,85 hlm.;ilus,25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Muhison Salafudin
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas