Peran Pustakawan Dan Guru Dalam Pemanfaatan Perpustakaan Oleh Para Siswa Di Sma Keluarga Widuri
Arina Elmadina - Personal Name
Ida Farida - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dan pustakawan dalam
meningkatkan pemanfaatan perpustkaan SMA Keluarga Widuri, agar penelitian
tidak terlalu meluas, penulis mebatasi penelitian ini terhadap SMA Keluarga
Widuri saja. Penelitian ini penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Dalam pengambilan data menggunakan teknik wawancara. Dari hasil penelitian
diketahui bahwa, guru dan pustakawan sudah berperan dalam meningkatkan
pemanfaatan perpustakaan oleh para siswa atau aktivitas di perpustakan yang
dinamakan jam wajib kunjung perpustakaan dengan peran pustakawan sebagai
administrator yaitu menyusun, melaksanakan dan mengevaluasi program, peran
pustakawan sebagai manager yaitu guru dan pustakawan terlibat dalam pengadaan
koleksi dan peran guru sebagai pembimbing yaitu dengan mendorong siswa
melaksanakan tugas dari guru di perpustakaan. Sehingga ini dapat membiasakan
siswa memanfaatkan perpustakaan dengan lebih maksimal, hal ini berdasarkan
saran guru dengan ketersediaan koleksi yang informatif, edukatif dan rekreatif.
Namun kendala dalam meningkatkan perpustakaan ini masih ada dengan adanya
beberapa siswa yang belum kooperatif dalam menjalankan program dari guru dan
kendala lainnya seperti ruangan yang kecil. Dalam penelitian ini pustakawan
sudah berperan dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai administrator
dan manager. Dan guru sudah berperan sebagai pembimbing. Jadi sebaiknya
pihak perpustakaan mengadakan kegiatan lain dalam proses kerjasama yang sudah
dibangun, agar pemanfaatan perpustakaan menjadi lebih baik lagi.
meningkatkan pemanfaatan perpustkaan SMA Keluarga Widuri, agar penelitian
tidak terlalu meluas, penulis mebatasi penelitian ini terhadap SMA Keluarga
Widuri saja. Penelitian ini penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Dalam pengambilan data menggunakan teknik wawancara. Dari hasil penelitian
diketahui bahwa, guru dan pustakawan sudah berperan dalam meningkatkan
pemanfaatan perpustakaan oleh para siswa atau aktivitas di perpustakan yang
dinamakan jam wajib kunjung perpustakaan dengan peran pustakawan sebagai
administrator yaitu menyusun, melaksanakan dan mengevaluasi program, peran
pustakawan sebagai manager yaitu guru dan pustakawan terlibat dalam pengadaan
koleksi dan peran guru sebagai pembimbing yaitu dengan mendorong siswa
melaksanakan tugas dari guru di perpustakaan. Sehingga ini dapat membiasakan
siswa memanfaatkan perpustakaan dengan lebih maksimal, hal ini berdasarkan
saran guru dengan ketersediaan koleksi yang informatif, edukatif dan rekreatif.
Namun kendala dalam meningkatkan perpustakaan ini masih ada dengan adanya
beberapa siswa yang belum kooperatif dalam menjalankan program dari guru dan
kendala lainnya seperti ruangan yang kecil. Dalam penelitian ini pustakawan
sudah berperan dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai administrator
dan manager. Dan guru sudah berperan sebagai pembimbing. Jadi sebaiknya
pihak perpustakaan mengadakan kegiatan lain dalam proses kerjasama yang sudah
dibangun, agar pemanfaatan perpustakaan menjadi lebih baik lagi.
Ketersediaan
SP19044 | SKR IPI 19044 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 19044
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2019
Deskripsi Fisik
vii,60 hlm.;ilus,25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Arina Elmadina
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas