PERPUSTAKAAN Prof. Dr. Nurcholish Madjid

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Strategi dan metode pembelajaran sejarah masa depan

Image of Strategi dan metode pembelajaran sejarah masa depan
Satu dari sekian banyak tema dalam kajian sejarah yang selalu menjadi diskusi menarik adalah tentang bagaimana seharusnya sejarah diajarkan, terutama dalam satuan pendidikan. Pembelajaran sejarah kita yang cenderung satu arah dianggap masih belum maksimal dalam bersumbangsih membentuk dan menguatkan karakter generasi bangsa. Pangkal persoalannya tentu tidak hanya pada kurikulum, banyak aspek yang melingkupinya, seperti materi, metode, dan tenaga pengajar. Tiga aspek ini sangat berperan strategis dalam menciptakan pembelajaran sejarah yang efektif terutama di dalam satuan pendidikan.

Kini, pembelajaran sejarah dihadapkan pada era revolusi industri 4.0. Hampir seluruh aktivitas kita tidak bisa terlepas dari internet dan kemajuan teknologi. Pola-pola pembelajaran sejarah yang konvensional dan satu arah dianggap tidak relevan dan efektif lagi untuk menjawab tantangan saat ini. Untuk itulah, pembelajaran sejarah juga harus turut melaju mengiringi perkembangan zaman. Perlu ada pemutakhiran strategi dan metode dalam pembelajaran sejarah. Sejarah sudah seharusnya bersanding dengan kemajuan teknologi dan berbagai media alternatif lainnya, hal ini penting untuk menciptakan materi pembelajaran sejarah yang lebih variatif dan dinamis. Tentu banyak cara untuk menjawab tantangan itu, himpunan makalah dalam buku ini salah satunya.
Ketersediaan
B201003909.81 SRI s c1Perpustakaan FAH (900)Tersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

909.81 SRI s

Penerbit

Direktorat Sejarah, Direktorat Jendral Kebudayaan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan : Jakarta.,

Deskripsi Fisik

xv, 367 hlm, 24 x 15,4 cm

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

978-623-7092-31-5

Klasifikasi

909.81

Informasi Detil
Tipe Isi

text

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


Link Repository

Pustaka Digital Internasional

Berikut link E-Jurnal, E-Book , dan E-Lib Internasional. Silahkan klik tab disamping, klik logo nya untuk menuju website Pustaka Digital Internasional

Punya kritik , saran , pesan harapan ?